Senin, 07 Juli 2008

Fuji Finepix S304

Oleh: Louis Iskandar

Test dan Laporan Seputar Kamera Digital

Kali saya akan memberitakan hasil Test saya dengan Digital Kamera Fuji
Finepix S304. Mengapa saya menulis artikel ini, karena saya tertarik dengan
berbagai jenis Digital Kamera, maka dari itu saya mencoba untuk mentest semua
beberapa Digital Kamera yang ada. Hasil test saya akan selalu saya tulis di
FN-artikel untuk membantu teman-teman FN yang sedang mencari digital Kamera.


Tentang Kamera


Fuji Finepix memiliki CCD Sensor dari Fujinon dengan 3,24 Megapixel. Kamera
ini mempunyai penampilan yang bagus, Fuji mengambil model SLR kamera dalam warna
silver. Kamera ini mempunyai Zoom objektiv yang besar dari 38mm sampai 228mm,
sehingga punya banyak ruang main buat zoom. Yang menarik kamera ini bisa pake
Tele-Konverter, Wide-Angel, Fish Eye, atau Filter sperti UV-Filter, Skylight
Filter. Kamera ini membuka kemungkinan untuk memasang alat alat tambahan dengan
garis tengahnya 55mm. Tersedia juga adapter dari 55mm ke 52mm dari digital optik
atau soligor dalam warna Silver, karena umunya Adapter warnanya hitam. Sebagai
tambahan terdapat juga 19,2 Digital Zoom. Untuk melihat hasil foto fuji membuat
extra display yang besar 1,8 inci LCD-Display, tapi sayangnya cuma 62.000 Pixel.


Kecepatannya mulai dari 1/2s sampai 1/1500s. Sayangnya hanya satu pilihan
kepekaan cahaya ISO 100, karena itu pengambilan foto di kegelapan atau malam
hari sedikit susah sampai tidak memungkinkan tanpa bantuan cahaya lain. Dia juga
tersedia 4 konfigurasi dasar untuk memoto yaitu Malam, Sport, Panorama, Portrait
Mode. Kamera ini dilengkapin dengan speaker dan microfon untuk mengambilan video
dan Voicenote 30s untuk setiap gambar.

Fazit


Setelah mentest kamera ini, saya senang dengan pegangnya. Kamera ini sangat
enak ditangan, karena bentuknya yang praktis dan elegan, bahkan bisa memoto
dengan satu tangan. Gambar yang dihasilkan cukup bagus, tapi dibandingkan dengan
Sony P7 (Artikel saya yang sebelumnya), Sony menang dengan kualitat fotonya.
Pada mengaturan manualnya sayang kurang leluasa, tapi untuk memoto dengan Auto
focus sudah cukup bagus. Auto Fokusnya cukup cepat, hasil test saya membuktikan
bahwa kecepatan auto fokus S304 lebih daripada Sony P7. Nilai negativ untuk
pengambilan foto di tempat gelap, sangat jelek dan susah. Karena dia cuma samapi
ISO 100 dan kecepatan terlambat cuma 1/2s. walaupun bodynya dari plastik tapi
kamera ini sangat stabil, pernah sekali jatuh dari tangan saya, tapi tidak
terjadi apa-apa, dia juga sangat enteng. Saya beri nilai keselruhan sangat bagus,
karena dengan harganya dan hasil yang dibuat kamera ini sangat memuaskan.


Contoh foto-foto yang diambil dengan Fuji Finepix S304:

http://www.fotografer.net/isi/galeri/?searchid=21&katacari=4676

Tidak ada komentar: